July 26, 2003
gw ga bisa ketemu Ikez hari ini.
seharusnya bisa kalo dari komdak si Ikez langsung diajak Ita ke citos. sayangnya ga bisa, karena nebeng di mobil Adh3. jadi mereka ke arah jakarta barat, skalian nungguin Ni3 beres ujian. pada maen di puri mall kayanya. malem ntar baru ke citos. sedangkan gw harus ke tempat ica&dian buat latian acara cosmo tgl 16 nanti. awuh..

hari ini, kalo masih ada, opa gw ulang taon yang ke-85.
it's been so long since he's gone.

sedikit cerita tentang Antua..
Opa lahir di Kedaton (where is it anyway ?), tgl 26 Juli 1918.
Ketemu sama Oma di Makassar dan menikah disana.
Lahir deh si Mami..
Mami itu anak kesayangan Opa, mungkin karena Mami anak pertama.
Opa tus kerja jadi guru, jadi Kepala Kanwil Perdagangan sampai akhirnya jadi Sekwilda Kodya Ambon.
Setelah Pensiun dari jabatannya waktu gw masih TK, Opa tetep kerja sana sini, bantuin bikin laporan keuangan yang paling sering. Jadi opa kaya kerja proyekan gitu deh.. Banyak pengusaha-pengusaha keturunan WNA yang minta bantuan Opa. Selain itu, pas tahun terakhir kehidupannya dia ikut bantu Keuskupan Maluku (istilahnya bener ga yah ?) buat bikin Laporan Keuangan pas ada kerjasama dengan pemerintah Jerman.
Opa menguasai ilmu akuntansi dan perpajakan. Opa pun bisa 5 bahasa: Indonesia, Belanda (mother tongue heheh..), Inggris, Perancis, Jerman. Sedikit Jepang deh..
Sejak Oma meninggal, 22 Maret 1984, Opa kekeuh ga mau tinggal sama anak2nya. Opa tetap tinggal di rumah bekas rumah yang ditinggalin sama Oma, tidur di tempat tidur yang sama, melakukan rutinitas yang sama, tanpa pernah sekalipun mengeluh kesepian.
Semua pekerjaan rumah dia lakukan sendiri, karena memang seperti itu kemauannya. kecuali memasak, dia hanya mau masakan Mami, mungkin karena taste nya sama kaya masakan Oma. Gw bisa ga yah ntar ?
Sejak gw kecil, gw udah jadi Sang Penguasa buat dia. gw cucu pertama. nama pertama gw juga hadiah dari dia, karena gw lahir sehari sesudah ulang taunnya.
gw sudah terbiasa dengan perlakuan manja yang diberikan oleh Opa Oma. Apalagi, masa kecil gw, gw tinggal dengan mereka. Kalimat Opa selalu, 'minta apa saja non, Opa pasti kasih, selama non tidak minta bulan'.
Opa juga yang membawa pengetahuan ke hidup gw. Menyediakan berbagai macam bahan bacaan buat gw sejak gw baru berumur 3 tahun.
Gw bahkan diwarisin rumah sama Opa. Bukan rumah tempat Opa tinggal, tapi ada satu lagi, rumah yang ga pernah ditinggalin dia, hanya dibangun untuk investasi. sampai saat ini, rumah itu masih utuh, lagi disewa orang.
bulan-bulan terakhir hidupnya Opa gencar sekali mengumumkan soal hidupnya yang ga akan lama lagi berakhir.
Uhmm.. jangan berpikir kalo saat itu Opa sedang terbaring sakit dan mengeluh.
Sebaliknya, Opa tetep beraktifitas seperti biasa..
Tiada hari tanpa keluar rumah, ngambil koran di tempat langganan (NGAMBIL !! ga mau pake loper koran, karena takut telat dan Opa ga mau ketinggalan berita). Pergi beli roti sendiri, beli buah sendiri. agak jauh sebenernya, karena daerah rumahnya agak ke bukit, jauh dari pusat kota. Dan dia naek angkutan umum, mungkin dia satu2nya pensiunan pejabat yang tinggal di rumah sederhana dan kemana-mana naek angkutan umum.
Di tempat-tempat itu dia sering becanda kalo umurnya udah ngelewatin umur bapaknya. pasti sebentar lagi dia yang nyusul..
and then.. setelah segala urusannya dia selesaikan, termasuk mencuci baju kotornya yang terakhir sebelum meninggal, dia pergi dengan tenang, tanggal 19 Juni 1994.
Its nine years ago, tapi dia tetep ada dihati gw, hati epin (mengingat pas pagi tadi buka mata langsung nyebut, 'ma, opa ulang taon..'), hati mami papi (can see it in their eyes).
still me @ 5:17 PM and your

leon!E ~ Jan'2006