October 18, 2004
Blog Itu Racun
Dalam sebuah perbincangan di bulan Januari lalu terselip kalimat diatas, dikutip dari kata-kata seorang teman kami. *Iyah, elu Bu, gw catut kalimat elu yah*

Apa yang ditulis di sebuah blog, mungkin saja berpengaruh buat orang lain. Syukur banget kalo pengaruhnya baik. Kalau buruk? Bisa jadi racun deh..
Gw sadar banget sebenarnya akan hal ini tapi kadang suka slip juga.

Dalam sebuah blog, kita bebas banget mengutarakan apa saja yang ada dalam pikiran kita, karena kita merasa punya hak penuh untuk itu.
Malah banyak yang punya opini bahwa blog itu adalah sebuah Kingdom dan si empunya adalah Solo King nya. Jadi, apapun yang ditulis disitu adalah hak si empunya blog.
Okelah..

Tapi kadang-kadang suka ada lost control dalam menulis blog. Kadang kita ga sadar, sudah melewati batas hak kita dalam menulis.
Gw ingat kembali, ada satu pelajaran moral yang diajarkan di sekolah dulu.
Hak manusia dibatasi oleh hak manusia lain.
Kadang secara ga sadar, kita menulis tanpa memperhatikan perasaan orang lain.
Gw menemui beberapa kasus, ada kasus gw sendiri juga.

One day, gw baca blog orang, jelas ada nama dan link gw disitu, tapi masalahnya gw ga merasa ngalamin hal-hal seperti diceritain disitu. Mungkin saja gw kerangka luasnya benar, tapi detil-detilnya bikin gw sempat merasa, 'kayaknya.. ga gitu banget deh..'

Sedikit curhat ahh..
Gw pacaran dua kali sama Blogger juga. Dalam dua kali itu, pada awalnya gw bener-bener ga mau ada yang tau tentang hal itu.
Bukan sok celeb, tapi bisa akan jadi sangat rentan ke hubungan gw.
Perkiraan gw bukan omong kosong.

Ada juga yang membuat tulisan-tulisan yang ga mencantumkan nama dan link orang yang dibahas tapi kita tau sama tau, siapa sebenarnya orang yang dituju.
Gw inget *aduh kadang2 ribet juga punya daya ingat terlalu tinggi*, dulu gw pernah baca salah satu Blogger Jakarta ada yang marah gara-gara dibahas di blog orang lain dengan nada miring. Memang sih, di blog orang lain itu ga ada nama dan link nya, kalo ga salah cuma inisial aja. Tapi sepertinya jelas bahwa postingan itu memang ditujukan ke satu orang, yaitu Blogger Jakarta yang gw sebut tadi.
Jadi ada yang marah kan, gara-gara si penulis menuliskan seenaknya tanpa peduli perasaan
orang.

Duh, gw rasa agak berat yah kalo udah sampai ke lingkaran seperti ini.Mungkin kita sebagai blogger pun harus lebih hati-hati. Bukan apa-apa, memang hak kita untuk menulis apa saja, tapi.. sebagai manusia mungkin kita juga harus melihat bagaimana perasaan orang lain juga atas tulisan kita.
Ayolah.. kita juga ga mau kan kalo kita sendiri yang ngalamin ?

Sebaliknya, buat yang terlanjur merasa dirugikan atas tulisan orang lain, mungkin sebaiknya didiamkan saja.
Kalo kata pepatah, Ga Kenal Maka Ga Sayang *tadi pagi gw baca tulisan ini dimana yah? :D*
Mungkin saja si penulis ingin membahas sesuatu dari cara pandang dia.

Atau, ada opini lain?
still me @ 3:37 PM and your

leon!E ~ Jan'2006